Cari Blog Ini

ADSENSE HERE!
iklan ;
BHINNEKA BOOKS Envisioning Family: A photographer's guide to making meaningful portraits of the modern family

Buku Kas Umum (BOS-K3)
Apakah Buku Kas Umum itu?. Buku Kas umum (BOS-K3) adalah salah satu alat administrasi dalam pengelolaan BOS di sekolah. Buku Kas Umum mempunyai fungsi untuk mencatat seluruh penerimaan dana dari BOS, pungutan pajak serta jasa giro maupun seluruh pengeluaran baik yang berbentuk tunai maupun giral. Jadi semua transaksi yang dimaksud adalah transasksi yang melibatkan uang tunai (yang dicatat pada buku pembantu kas/ BOS-K4) dan transaksi giral (yang dicatat pada buku pembantu bank/ BOS-K5) serta transaksi yang dicatat pada buku pembantu pajak (BOS-K6). Jadi bisa dikatakan Buku Kas Umum adalah catatan menyeluruh dari ketiga buku (Buku Pembantu Kas, Buku Pembantu Bank, dan Buku Pembantu Pajak) sehingga menggambarkan kas (baik tunai maupun giral) secara menyeluruh

JUKNIS BOS 2013 / Permendikbud No. 76 Tahun 2012
Juknis BOS 2013 yang tertuang dalam / Permendikbud No. 76 Tahun 2012 ditetapkan di Jakarta
pada tanggal 14 Desember 2012 untuk mengatur mekanisme penggunaan Dana BOS 2013, maupun penyaluran dana BOS dari Kas Umum Negara ke Kas Umum Provinsi yang dilampiri dengan kuota alokasi dana BOS per provinsi tahun anggaran Dana BOS 2013. Secara umum Juknis Bos 2013 ini berisikan tentang:
Kuota dana BOS per provinsi. Mekanisme pelaporan keuangan Dana BOS 2013. Mekanisme pelaporan keuangan sesuai Juknis BOS 2013, diatur dalam format laporan keungan Dana BOS 2013 yang terdiri dari:
Format BOS K-1 (Rapbs)
Format Bos K-2 (Rkas)
Format Bos K-3 ( Buku Kas Umum)
Format Bos K-4 ( Buku Kas tunai)
Format Bos K-5 (Buku Pembantu Bank)
Format Bos K-6 ( Buku Pembnatu Pajak)
Format Bos K-7 dan K7A ( Buku Realisasi Penggunaan Dana) Serta Lampiran K7 (NPH BOS)

uku Kas Umum : Mencatat semua transaksi yang terjadi disekolah yang berpedoman pada RKAS yang dibuat oleh sekolah. Semua transaksi harus berdasarkan RKAS yang dibuat, Anggaran anggaran apa saja yang sudah dibuat dan jadwal alokasi pembelian barang dan jasa,ataupun kegiatan kegiatan sekolah dari setiap anggaran yang sudah ditentukan

Dimana dalam buku kas umum dikenal ada 2 macam transaksi yakni eksternal dan internal. Contoh transaksi eksternal adalah ditransfernya uang dari pemerintah ke rekening BOS, contoh lain transaksi eksternal adalah bunga bos dan biaya bank. Transaksi eksternal lain yang mempengaruhi kas tunai adalah pembelanjaan seperti biasanya.
agi sekolah yang tidak mempunyai TU ataupun pegawai yang mengurusi masalah BOS, jadi guru harus bertindak sebagai bendaharnya. Terutama yang SD dong.......
Untuk itu pada tulisan kali ini saya ingin berbagi pengalaman mengenai pelaporan BOS. Karena dalam pertanggung jawabannya nanti tentu tidak lepas dari :
1. Buku Kas Umun (BOS K-3)
2. Buku Pembantu KAS (BOS K-4)
3. Buku Pembantu Bank (BOS K-5)
4. Buku Pembantu Pajak (BOS K-6)

Yang ingin saya bagikan disini adalah Format BOS yang empat diatas, dimana format tersebut sudah saya buat sedemikaian dalam bentuk excel. Sudah di seting sedemikan sehingga akan dapat mempermudah dalam membuatnya. Dimana setingan itu sudah saya protect sehingga kemungkinannya tidak bisa dirubah.
Adapun keunggulan format yang sudah saya buat ini adalah :

1. Penjumlahannya sudah secara otomatis terisi ( NB: lakukan verifikasi ulang untuk meyakinkan jumlah angkanya dengan cara melakukan drag dari baris ke-2 sampai kebawah)

2. Saldo yang ada di Buku Kas Umum akan otomatis terisi di Buku Umun lainnya. ( misal ada saldo di Buku Kas Umun bln Januari maka akan otomatis juga terisi saldo di Bulan Pebruari)

3. Sedikit aja ada kesalahan dalam memasukkan data transaksi maka akan ada tanda koreksi yaitu tulisan Cek Kembali. Sehingga dapat mengetahui kesalahan lebih dini.

4. Tentu bekerjanya akan lebih cepat dan kebenarannya nanti menjadi lebih yakin.

Para pembaca yang terhormat. Itu yang dapat saya bagikan mudah-mudahan ada manfaatnya dan formatnya mudah-mudahan juga sama seperti yang ada di daerah bapak dan ibu sekalian.
Dengan kemurahan hati pula saya berharap jika ada yang mempunyai aplikasi atau cara yang bisa lebih mudah dalam membuat pelaporan BOS tolong di bagikan. Toh ini juga demi kelancaran Pendidikan Bangsa Indonesia ini.

Untuk mendonwload formatnya silahkan klik link donwload disini. atau yang di atas
NB :
1. memang pernah baca si ada sofwer gratisan tapi saya belum pernah nyoba, kalau ada yang pas tolong dibagi juga ya
2. Yang sudah berpengalaman tolong BERBAGI infonya

Sementara transaksi internal adalah transaksi keuangan yang "tidak" mempengaruhi saldo kas umum, tapi mempengaruhi kas tunai maupun kas giral/ bank. Contoh Penarikan Saldo dari rekening BOS atau lebih dikenal Pemindahan Saldo Kas BANK ke Kas Tunai Sekolah. Semoga tulisan ini dapat membantu anda dan untuk memudahkan palaporan BOS bisa menggunakan software BOS yang dapat kita gunakan untuk membantu kita dalam pelaksanaan akuntansi BOS yang telah memakai kode rekening BOS juga.

BHINNEKA BOOKS Life: A Journey Through Time

sebelumnya

ADSENSE HERE!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © blogrinal-info buku impor murah dan terbitan buku terbaru . All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design